5 Orang Kaya Indonesia yang Punya Rumah Luas, Ada yang Sampai 20 Hektare!

Bukan cuma seleb Hollywood, seleb atau publik figur di Indonesia juga gak sedikit yang tinggal di rumah dengan halaman luas. 
Selain luas, fasilitas di rumah-rumah mereka tentu cukup beragam. Ada yang punya helipad, tempat konser, hingga lintasan balap.
Itu bukti kalau ketika kita sudah kaya, kita mampu membeli apapun yang kita mau dan memanfaatkan aset kita untuk apa saja.
Ingin tahu siapa saja orang beken di Indonesia yang luas rumahnya di atas 1 hektare? Yuk simak ulasannya.

1. Mandra

rumah dengan halaman luas
Mandra dan istri. (Instagram/@mandra_ys)
Komedian senior ini tinggal di rumah dengan halaman luas! Kabarnya, luas rumah Mandra nyaris 2 hektare.
Halamannya bisa buat main bola, dan di rumah itu juga didirikan bangunan-bangunan layaknya sebuah pendopo. 
Bahkan Mandra mendirikan sebuah bangunan khusus yang dijadikan makam keluarganya. Tapi makam itu sama sekali gak seram lho. Malah kadang dipakai untuk duduk lesehan bersama keluarga.

2. Bob Sadino

rumah dengan halaman luas
Bob Sadino.
Disebut tipe 21, tapi jangan samakan rumah tipe 21 dengan rumah milik almarhum Bob Sadino ya. Karena tipe 21 baginya adalah 2 hektare lahannya, dan 1.500 meter persegi luas bangunannya.
Rumah yang terletak di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, ini punya pekarangan yang sangat luas. Meski demikian, gak ada kolam renang di rumah itu.
Banyak perabotan di rumah ini yang bertema rustic. Kabarnya, sang pengusaha kelas kakap ini juga mempekerjakan lebih dari 20 pembantu di rumahnya lho.

3. Prabowo Subianto

rumah dengan halaman luas
Prabowo Subianto dan Joko Widodo.
Semua orang tahu bahwa Menteri Pertahanan RI yang baru ini punya rumah di Hambalang, Jawa Barat, yang luasnya sampai 4,8 hektare!
Rumah dengan halaman luas itu memiliki sebuah ladang pertanian sekaligus peternakan karena tanahnya subur. Prabowo merupakan sosok pecinta hewan. Dia pun diketahui memelihara kuda yang harganya luar biasa mahal.
Di halaman rumah ini juga terdapat sebuah helipad lho!
Sejatinya, Prabowo memiliki rumah lain di Jakarta yang lebih tepatnya berada di Jl. Kertanegara. Jadi, rumah di Hambalang ini, kabarnya digunakan untuk beristirahat.

4. Susi Pudjiastuti

rumah dengan halaman luas
Susi Pudjiastuti. (Instagram/@susipudjiastuti115)
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini juga tinggal di rumah yang sangat luas. Bahkan, rumah Bu Susi lebih luas ketimbang Prabowo.
Rumah itu terletak di Jl. Merdeka Nomor 312, Pangandaran, Jawa Barat. Luasnya sampai 5 hektare!
Kok bisa seluas itu ya? Maklum saja, hunian ini bukan sekedar hunian melainkan juga ladang uang.
Di rumah itu terdapat kantor Susi Air. Ada satu ruangan yang berisi monitor buat memantau keberadaan pesawat-pesawat milik bu Susi. Ada pula sebuah ruangan dengan flight simulator di dalamnya. Jangan kaget juga, karena 400 karyawan mereka tinggal di sini lho!
Selain kantor, ada juga hotel di rumah ini. Salah satunya adalah Hotel Alvy dan Hotel Nadine yang namanya diambil dari nama anak Susi, yang disertai dengan restoran Hilman. Nama Hilman juga diambil dari nama putranya bu Susi yang sudah meninggal dunia, Panji Hilmansyah.
Terdapat pula pabrik pengolahan ikan di rumah ini serta Bank Jabar! Wow, udah kayak central business district ya!

5. Haji Issam 

rumah dengan halaman luas
Gerbang rumah Haji Issam.
Nah ini dia pemilik rumah dengan halaman luas yang sebenarnya, bahkan paling luas di antara yang lain karena huniannya mencapai 20 hektare!
Adalah Haji Issam, seorang pengusaha dan pendiri Jhonlin Group yang berbasis di Kalimantan Timur. Kediaman Haji Issam memang gak kayak kediaman pada umumnya, tapi mungkin ada miripnya dengan rumah bu Susi.
Hal itu disebabkan karena Haji Issam membangun komplek perumahan buat para karyawannya juga. 
rumah dengan halaman luas
Jalan Haji Sam. (Google Maps)
Setiap menuju wilayah perbatasan antarkabupaten di manapun, kita pasti menjumpai sebuah gapura besar yang di tengahnya bertulisan, “Selamat Datang di …”
Bisa dibilang, gerbang perumahan beliau memang jauh lebih keren dibanding gapura-gapura di perbatasan kabupaten. 
Di kompleks rumah Haji Isam, terdapat sebuah jalan yang sengaja dinamakan dengan nama beliau. Jalanan itu terlihat cukup panjang, dan menghubungkan antara gerbang depan dengan perumahan Jhonlin Indah.
Selain menyimpan koleksi mobil mewah, terdapat lintasan offroad di rumah ini! Serius, lintasan balap offroad! Gak jarang kompetisi offroad juga digelar di komplek perumahan itu. 
Itulah lima orang Indonesia yang punya rumah dengan halaman luas. Gak nyangka ya ternyata ada yang sampai 20 hektare. 

(Editor: Ruben Setiawan)
https://www.moneysmart.id/rumah-dengan-halaman-luas-milik-orang-kaya/

Post a Comment

Previous Post Next Post